Minggu, 25 Maret 2012

Mengapa orang Mencari Lowongan Kerja?

Mengapa begitu banyak orang yang mecari lowongan kerja?  pertanyaan retoris bukan? Hehe. Orang butuh kerja karena harus memenuhi kebutuhan (dan keinginan) hidupnya. Ya kan? Mungkin ada sih yang mencari  lowongan kerja untuk mengisi waktu. Tapi sepertinya hanya sedikit orang yang masuk golongan ini. Dan wajar sekali kalau seseorang menginginkan pekerjaan bagus (yang berarti gaji bagus). Sebab, dengan pekerjaan dan gaji bagus, seseorang tidak hanya terpenuhi kebutuhan primernya, tapi juga kebutuhan sekunder dan tersiernya. 

Ini menjadi pembahasan yang tidak sederhana karena menyangkut banyak faktor seperti kebudayaan dan pendidikan. Lulus sekolah, lalu mencari kerja, adalah tahapan yang begitu lumrah. Tak heran kalau acara kelulusan/wisuda disinisi sebagai acara pelepasan calon pengangguran. Pasti ini yang mendasari munculnya mata kuliah “kewirausahaan” yang saya terima dulu. Seminar-seminar bertema enterpreuneurship banyak digelar di mana-mana.


Bagi mereka yang baru lulus dari universitas, dunia kerja boleh jadi merupakan babak awal di mana hidup seolah-olah memasuki “dunia nyata”. Oleh karenanya, sungguh penting bagi para lulusan yang sedang mendapatkan pekerjaan pertama untuk memperhatikan banyak hal sebelum menandatangani kontrak alias menerima pekerjaan itu.

Saran untuk membuat pertimbangan masak-masak sebelum meneken kontrak tentu tidak hanya berlaku bagi lulusan baru yang pertama kali memasuki dunia kerja. Bagi mereka yang mendapat tawaran kerja baru dari perusahaan lain, atau pindah ke tempat kerja baru untuk memulai karir yang baru,  Pertimbangkan harapan-harapan yang realistik terhadap gaji. Jika ini kontrak kerja pertama Anda, maka sebaiknya Anda sudah punya gambaran mengenai gaji lulusan baru untuk industri yang bersangkutan, sehingga permintaan Anda sesuai proporsi. Jika kasusnya adalah Anda sedang pindah kerja untuk memulai karir baru, jangan serta-merta berasumsi bahwa Anda “berhak” atas gaji yang berlipat-lipat. Kembalikan ke tujuan utama Anda pindah kerja, di samping juga pertimbangkan kondisi perusahaan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap tidak menyertakan iklan dalam komentar anda