Minggu, 15 April 2012

Elektronika Dasar

Elektron, komponen dari atom, dan penggunaannya dikenal sebagai elektronik,  memainkan peran penting dalam banyak barang peralatan rumah tangga. Dasar elektronik terdiri dari "komponen elektronik" minimal yang membentuk bagian dari peralatan elektronik sehari-hari. Komponen-komponen elektronik termasuk resistor, transistor, kapasitor, dioda, induktor dan transformator. Didukung oleh baterai, mereka dirancang untuk bekerja di bawah hukum fisika dan prinsip-prinsip tertentu. Elektronika dasar juga menyangkut pengukuran tegangan, (aliran elektron) saat ini dan perlawanan dalam bekerja berkumpul "sirkuit."

Semua peralatan elektronik bekerja pada prinsip fisika dasar dikenal sebagai hukum Ohm, yang menyatakan bahwa sirkuit berisi tegangan berbanding lurus dengan arus dan resistansi dihadapi oleh arus dalam sirkuit. Sirkuit yang terdiri dari komponen elektronik juga dikenal sebagai elemen sirkuit, dihubungkan dengan kabel ke baterai dan dirancang untuk mematuhi hukum Ohm.


Power Supply


     Baterai yang menghasilkan tegangan dan arus drive atau kekuatan komponen-komponen elektronik. Aliran elektron melalui kabel dan dimodulasi oleh penataan komponen elektronik untuk menghasilkan hasil tertentu. Tegangan diukur dalam satuan yang disebut volt dan arus dalam satuan yang disebut ampere, atau ampli.



Resistor


     Resistor adalah elemen sirkuit dirancang untuk menawarkan perlawanan terhadap aliran elektron yang disebut saat ini. Dengan demikian, menghasilkan panas dan, pada gilirannya, menghilang kekuasaan --- resistansi dikalikan dengan kuadrat arus. Sebuah kumparan pemanas adalah contoh dari sebuah aplikasi dari sebuah resistor. Disusun secara seri, resistor memiliki nilai aditif (yaitu, resistansi total rangkaian yang sama dengan jumlah dari semua nilai resistor '). Diatur secara paralel, diminshes gabungan mereka nilai. Satuan resistansi ohm. Dalam prakteknya, kita memiliki unit kilohm dan megaohm.



kapasitor


     Kapasitor adalah rangkaian elemen yang mewakili kebalikan dari resistor: Mereka menyimpan daya listrik. Kapasitas mereka diukur dalam farad dan subunit praktis dari farad seperti microfarad dan picofarad. Bila diatur secara paralel, meningkatkan gabungan nilai. Ketika secara seri, nilai gabungan mereka berkurang. Dasar sirkuit elektronik selalu menyertakan beberapa kapasitor.

Dioda dan Transistor

     Dioda, elemen sirkuit, mendorong arus mengalir hanya satu arah. Ini memiliki dua terminal, tidak seperti transistor --- yang memiliki tiga. Dalam transistor, arus dapat mengalir di lebih dari satu arah. Kedua dioda dan transistor memodulasi arah arus dan tegangan.

Induktor, Transformers dan RLC Circuit

     Dasar sirkuit elektronik sering termasuk induktor dan transformator sebagai elemen sirkuit. Induktor adalah kumparan kawat yang menghasilkan medan magnet yang diinginkan, tidak seperti sebuah kapasitor, yang menghasilkan medan listrik yang diinginkan. Bila digabungkan dengan resistor dan kapasitor, induktor kontribusi untuk sirkuit khusus "tuning", yang disebut sirkuit RLC, yang dapat disetel untuk berbagai frekuensi sebagai arus listrik mengalir melalui itu. Transformers, jenis lain dari elemen sirkuit, dapat meningkatkan tegangan atau langkah itu ke nilai yang diinginkan. Semua komponen sirkuit membentuk apa yang umumnya disebut "elektronik dasar."

Instrumen Pengukuran

     Elektronika dasar tidak lengkap tanpa menyebutkan instrumen dasar yang digunakan dalam pengukuran elektronik. Ini termasuk meter analog dan digital yang mengukur tegangan, arus, resistansi dan kapasitansi; pasokan listrik, yang memberikan tegangan diatur stabil dan saat ini; osiloskop, bentuk gelombang yang mengukur sirkuit dari sirkuit, dan generator fungsi, yang memberikan standar bentuk gelombang yang diinginkan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap tidak menyertakan iklan dalam komentar anda