Jumat, 05 April 2013

Inspiring of Fisheries | Motif Batik | Jual Batik - Raja Batik Ikan

sebagai batik pesisir, batik ikan terhitung di antara kriya budaya nasional yang kaya macam motif serta corak. sejarahnya banyak di pengaruhi beragam kultur yang berkembang pada saatnya. tersebut kenapa lantas banyak macam hiasnya yang berbentuk naturalis.

batik ikan kental dapat pengaruh budaya oriental yang dibawa oleh pendatang china, lalu pengaruh budaya belanda yang dimulai pada saat penjajahan saat itu. terhitung pengaruh jepang, walau cuma sebentar berkuasa di indonesia, pengaruhnya pada seni budaya batik terutama tetap bisa kita tengok sampai sekarang ini, terhitung pada perubahan motif batik ikan.

batik pesisir yang satu ini sangat kaya dapat warna, motif amat bebas, dengan variasi warna atraktif, apalagi dapat didalam satu helai kain didapati perpaduan sampai 8 warna tidak sama. walau demikianlah, kadang-kadang kita bisa menjumpai sebagian motif batik ikan mempunyai kemiripan design dengan motif batik yogya atau solo.

konon motif sangat kesohor dari batik ikan yaitu motif jlamprang. motif batik ini adalah pengembangan dari motif kain potola dari india yang berupa geometris terkadang berupa mata angin atau bintang serta menggunakan ranting yang ujungnya berupa sisi empat. karena sangat populernya, batik jlamprang diabadikan jadi di antara jalur di pekalongan, jalur jlamprang, tempat krapyak pekalongan.

walau mempunyai sebagian pakem, batik ikan terhitung mempunyai perubahan yang amat dinamis, salah satunya didalam perihal motif. hingga lahirlah motif-motif batik kontemporer. sebagai perumpamaan, sesaat sesudah presiden sby diangkat sebagai kepala negara yang khas dengan baju memiliki bahan kain nasional itu, munculah batik dengan motif ‘sby’ yakni motif batik yang serupa dengan kain tenun ikat atau songket. pernah berkembang juga motif tsunami, serta motif batik kontemporer yang lain.

beberapa pengrajin batik ikan terhitung amat kreatif, senantiasa ikuti perubahan masa. perihal ini telah berlangsung sejak lampau. contohnya pada saat penjajahan jepang, lahirlah ‘batik jawa hokokai’. lantas, pada th. enam beberapa puluh pernah popular sesuatu motif batik ikan dengan nama tritura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap tidak menyertakan iklan dalam komentar anda